5 Tips Pengembangan Aplikasi Android yang Efektif

Revolusi ponsel cerdas telah menggemparkan pasar dan menghasilkan peningkatan upaya yang dilakukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa kepada pelanggan melalui aplikasi.

Ketika orang berbicara tentang ponsel cerdas, Android pada umumnya adalah satu-satunya sistem kohesif yang mereka maksud.

Dengan lebih dari 80% pangsa pasar dunia, Android adalah satu-satunya alasan mengapa smartphone ada di mana-mana seperti yang kita ketahui.

Platform Android membuatnya sangat mudah tidak hanya bagi pengguna, tetapi bahkan juga bagi pengembang (developer) sendiri untuk memulainya.

Menjadi teknologi open source, kode sumber dari sistem operasi dapat digunakan untuk membuka peluang baru dan menarik.

Dalam pengembangannya, ada beberapa cara efektif yang dapat kalian terapkan.

Seperti yang dijelaskan oleh Rifqi Mulyawan, berikut ini adalah 5 tips untuk pengembangan aplikasi Android yang manjur dan pastinya efektif.

1. Dapatkan Space Nama Anda

Mungkin kecil, tetapi tetap penting bahwa nama aplikasi diputuskan dengan baik sebelumnya dan dicadangkan untuk menghindari duplikasi.

Pasar Android Google menggunakan nama paket khusus yang digunakan dalam manifes Anda untuk mengidentifikasi aplikasi Anda di antara ribuan aplikasi lain di play store.

Jika Anda berencana untuk merilis aplikasi di masa mendatang, selalu lebih baik untuk memesan nama untuk aplikasi Anda, karena itulah yang akan diidentifikasi oleh pelanggan Anda terlebih dahulu dan terpenting.

2. Analisis Pedoman Desain Android

Google telah menyiapkan serangkaian pedoman desain Android untuk membantu pengembang Android baru.

Ini dikenal sebagai Desain Material, pedoman itu dibuat agar semua aplikasi Android berperilaku dan merasakan hal yang sama sambil memberikan UI / UX yang konsisten.

Dengan mengikuti pedoman ini, pengguna akhir akan dapat secara intuitif memahami cara kerja dan menikmati aplikasi juga.

3. Riset dan Dengarkan Pengguna Anda

Meneliti dengan baik sebelum memulai proses pengembangan selalu merupakan pilihan yang baik.

Penting bagi pengembang untuk memahami apa yang dibutuhkan pengguna dan mendesain produk pada lini tersebut.

Pengguna akan senang ketika pengembang mendengarkan mereka dan menanggapi umpan balik mereka dengan serius.

Saat suara mereka didengar, ada kemungkinan lebih besar bagi mereka untuk terus menggunakan aplikasi Anda.

Ulasan Play Store, bahkan setelah aplikasi dirilis, adalah metrik yang ideal untuk memahami fitur apa yang harus Anda dorong dalam pembaruan yang akan datang.

4. Waspada akan Fragmentasi

Setiap pengembang aplikasi seluler Android perlu memahami demografi pasar android dengan baik dan bagaimana pasar terfragmentasi.

Google telah keluar dengan versi Android yang berbeda dan teknologi terkait menjadi lebih baik.

Aplikasi android yang sedang dikembangkan harus kompatibel dengan versi Android terbaru, dan jika memungkinkan, masih mendukung beberapa versi yang lebih lama.

Selain itu, perangkat android hadir dalam berbagai ukuran dan resolusi layar yang perlu dipertimbangkan saat mendesain tata letak aplikasi, font, aset, dan lainnya.

5. Optimalkan Aplikasi Anda

Pengguna seluler sangat membenci aplikasi yang membutuhkan waktu lama untuk dibuka atau diproses atau yang menghabiskan ruang yang tidak perlu di ponsel.

Kecepatan aliran dan ukuran keseluruhan aplikasi adalah salah satu faktor terpenting yang akan menentukan apakah akan berhasil atau tidak.

Anda dapat menerapkan praktik dan strategi ASO (App Store Optimization) dalam proses pengoptimalan aplikasi Anda.

Menggunakan objek dan variabel yang tidak perlu dalam aplikasi adalah salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh developer baru yang dapat mengakibatkan penurunan kecepatan aplikasi Anda secara drastis.

Akhir Kata

Pengembang aplikasi seluler Android selalu mencari cara baru dan inovatif untuk mengembangkan produk yang lebih baik bagi pelanggan mereka.

Ada berbagai tantangan yang dihadapi selama fase pengembangan yang perlu ditangani agar pelanggan akhir dapat memiliki pengalaman yang luar biasa saat menggunakan aplikasi.

Beberapa tip pengembangan aplikasi android pastinya dapat membantu orang terutama developers saat mengembangkan aplikasi android mereka sendiri.