Tips Merawat Pipa Air Kotor di Rumah agar Awet

Pipa air menjadi hal yang umum ditemukan di rumah. Saluran pembuangan mempunyai peran sangat penting ketika membahas kebersihan rumah. Biasanya, terdapat 2 bagian saluran pembuangan yakni saluran untuk limbah kloset kamudian saluran untuk limbah cair contohnya air bekas mandi dan air bekas cuci.

Saluran yang tersumbat tentu saja bisa menjadi sebuah masalah kebersihan. Apalagi bau tidak sedap bisa muncul karena adanya masalah sumbatan pipa pembuangan.

Tidak hanya itu, genangan yang muncul juga memiliki kuman dan bakteri sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan anggota keluarga.

Tips Merawat Pipa Air Kotor

Agar masalah seperti kemunculan sumbatan air kotor tidak Anda temukan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Ketahui hal yang menjadi penyebab tersumbatnya saluran air

Laju air pada saluran pembuangan biasanya pampat karena sampo yang menumpuk di bagian pipa, ampas sabun serta rambut rontok. Benda yang sulit terurai seperti sisa tisur dan pembalut kering juga sering tercecer.

Tercecernya berbagai benda tersebut bisa menyebabkan saluran air menjadi pampat. Sedangkan, di bak cuci piring, biasanya sisa makanan serta minyak menjadi penyebabnya. Minyak yang menempel di pipa saluran bisa mengeras dan menghambat aliran air.

Tentu saja setelah mengetahui berbagai macam hal yang menyebabkan saluran pembuangan menjadi pampat, Anda harus menjaganya tetap bersih.

  1. Hindari buang sampah di saluran pembuangan

Pampat yang terjadi di saluran pembuangan bisa Anda cegah dengan menghindari membuang sampah di kloset, wastafel serta bak cuci piring. Lebih baik sisa-sisa makanan langsung dubuang di tempat sampah.

Sedangkan untuk sampah yang bersifat cair seperti mentega, santan dan minya, bisa disaring sebelum membuangnya ke saluran, atau Anda bisa memasukkan ke wadah.

  1. Brrsihkan lubang dengan rutin

Kotoran rambut memang tidak bisa dihindari, bersihkan lubang ujung pipa paling tidak seminggu sekali. Anda bisa menggunakan cairan desinfektan untuk membasmi kuman dan bakteri yang bersarang di sana.

Sedangkan, untuk menghancurkan kotoran di saluran pembuangan, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan baking soda. Dua bahan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi mampetnya WC.

Agar saluran lebih aman, Anda bisa memasang saringan di lubang saluran, langkah ini dapat mencegah benda berukuran besar ada di saluran air.

  1. Pilih pipa dengan tepat

Terkadang, tersumbatnya saluran air juga bisa disebabkan karena pemilihan pipa saluran air yang kurang tepat. Usahakan memilih pipa berkualitas dengan tampilan luar tidak mengkilap.

Anda juga harus memperhatikan bagian dalam dari pipa. Untuk menghindari mampatnya saluran pembuangan, pilih pipa dengan bagian dalam yang halus serta licin.

Merawat pipa air di rumah khususnya untuk saluran air kotor memang tidak mudah. Namun lebih baik mencegah penyumbatan dibandingkan dengan menyedotnya. Maka itu jangan salah beli pipa air, pilih produk pipa air Rucika yang menyediakan rangkaian produk pipa terlengkap. Salah satunya adalah pipa air tipe D yang dirancang khusus untuk instalasi air kotor. Tersedia mulai dari ukuran 2 inci sampai 4 inci.

Related Posts