9 Tips Memulai Bisnis Sampingan Di Era Pandemi

Ketika Anda sudah memiliki pendapatan tetap yang bisa menjadi tumpuan, tak ada salahnya mencoba mengembangkan bisnis sampingan. Bisnis seperti ini bisa jadi tambahan pendapatan, meski memang secara langsung juga akan membutuhkan waktu dan dedikasi dalam pengembangannya. Namun demikian jika dilakukan dengan cermat, bisnis ini bisa jadi tambahan menggiurkan.

Cukup banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan, selama Anda jeli dalam melihat peluang bisnis. Tak perlu selalu mengeluhkan modal nominal yang besar atau sulitnya operasional, banyak sekali kesempatan yang bisa diambil dengan modal minimal dan operasional yang tetap mudah.

Nah, untuk membantu Anda memulai bisnis sampingan yang Anda inginkan, beberapa tips ini bisa jadi cukup berguna untuk Anda. Simak selengkapnya!

1. Teratur dan Terencana

Sumber : freepik.com

Pertama jika Anda ingin memulai bisnis sampingan, pastikan semuanya teratur dan terencana. Mulai dari penyusunan konsep bisnis, hingga operasional dan pembukuan, semua harus teratur dan terencana sehingga pengukuran tingkat keberhasilan bisa dilakukan dengan lebih baik. Selain itu, ketika semuanya teratur dan sudah direncanakan dengan matang, maka Anda bisa menjalankan bisnis sampingan dengan lebih efektif.

2. Berkas dan Pembukuan Detail

Setiap jenis usaha, apapun bentuknya dan skalanya, akan memiliki kesempatan lebih besar untuk berkembang jika memiliki sistem pemberkasan dan pembukuan yang detail. Tak hanya terkait dengan prosedur tetap, namun juga bentuk dedikasi dan kedisiplinan dalam mengelola usaha. Lagipula ketika berkas dan pembukuan dilakukan dengan detail, maka Anda bisa lebih mudah melihat dinamika bisnis dan mendapatkan investor atau pinjaman modal lebih mudah karena semua tercatat dengan baik.

3. Analisa Kompetitor Anda

Sumber : freepik.com

Memiliki konsep dan rencana matang memang diperlukan. Namun jangan lupa pula bahwa setiap bisnis sampingan yang Anda mulai pasti memiliki pesaing. Secara langsung atau tidak langsung, kompetitor selalu ada. Tugas Anda selanjutnya adalah menganalisa pesaing Anda ini, untuk menemukan kesempatan yang terbuka yang belum dimanfaatkan pesaing Anda ini.

4. Skenario Terburuk yang Mungkin Terjadi

Ketika siap memulai bisnis, artinya Anda siap untuk merugi. Terlebih pada fase awal bisnis dimulai, baik sampingan atau bisnis utama, semua pasti memiliki resiko kerugian. Pahami skenario terburuk yang mungkin terjadi, dan lakukan perencanaan pencegahan dan penanggulangannya. Kerugian yang terukur bisa memberikan Anda visi lebih baik pada bisnis yang akan Anda mulai ini.

5. Kembangkan Kreativitas!

Sumber : freepik.com

Karena bisnis sampingan Anda adalah milik Anda sendiri, tak perlu ragu untuk mengaplikasikan kreativitas yang Anda miliki. Baik dari segi produk, layanan, atau sektor lainnya, bisa dengan mudah dimodifikasi dan menggunakan pendekatan menarik. Namun ingat, semua tetap harus memiliki perencanaan dan langkah antisipasi yang terukur. Jangan ragu menjadi ‘berbeda’ dan unik, karena bisa jadi sentuhan personal Anda memberikan nilai unik pada produk atau layanan yang menarik pelanggan.

6. Fokus, Fokus, Fokus!

Keagungan Roma tak dibangun dalam waktu satu hari, begitu pula bisnis sampingan yang Anda jalankan. Meski dinamakan bisnis sampingan, namun bukan berarti semua bisa berjalan cepat, efektif, dan langsung mendatangkan keuntungan. Semua butuh proses, dedikasi, persistensi, dan fokus, agar dapat berkembang dan menjadi sumber pendapatan alternatif Anda.

7. Bersiap untuk Pengorbanan

Sumber : freepik.com

Pengorbanan yang dimaksud tak hanya sekedar uang saja, namun juga waktu dan usaha. Tak jarang bisnis sampingan justru menuntut lebih banyak effort daripada ketika Anda bekerja untuk orang lain. Mengingat semuanya dijalankan secara mandiri, maka perlu banyak hal agar bisnis ini dapat berkembang. Pengorbanan waktu, mungkin akan jadi pengorbanan termahal yang harus Anda lakukan.

8. Pastikan Pelanggan Dapat Pengalaman Terbaik

Memberikan pengalaman terbaik pada setiap pelanggan yang datang untuk mengunjungi bisnis Anda menjadi tips ke delapan yang kami sarankan. Pengalaman pelanggan yang baik akan jadi cara pemasaran efektif, karena konsep word of mouth secara organik dan alami akan berjalan dengan usaha Anda ini. Make sure, setiap pelanggan dapat pelayanan terbaik dan produk terbaik yang Anda miliki.

9. Konsistensi untuk Bisnis Sampingan

Sumber : freepik.com

Siapa bilang bisnis sampingan tak butuh konsistensi? Setiap hal yang berhasil pasti didasari dengan komitmen dan konsistensi. Meskipun berprogres perlahan, selama hal ini terjadi terus menerus maka suatu saat bisnis Anda juga akan berkembang. Bukan tak mungkin, justru bisnis yang awalnya menjadi penghasilan sampingan akan mendatangkan pendapatan lebih besar dan jadi aliran utama dari pendapatan bulanan Anda.

Bisnis sampingan yang dikelola dengan serius dan penuh dedikasi akan memberikan hasil yang maksimal. Meski tak semua bisa selalu berjalan sesuai yang Anda harapkan, namun setidaknya Anda sudah memiliki persiapan dan eksekusi yang terencana dan terukur. Tentu saja, bisnis yang dikembangkan hari-hari ini wajib memiliki pembayaran online di dalamnya. Jokul by DOKU, akan jadi partner terbaik Anda dalam mengelola pembayaran online. Di samping itu Anda juga akan mendapatkan kemudahan pencatatan transaksi, sehingga pembukuan bisa dilakukan lebih efektif dan detail. Mulai rintis bisnis Anda sekarang, dan percayakan urusan pembayaran pada Jokul!

Related Posts