Hosting Bisnis Online

Tips Memilih Penyedia Layanan Hosting Untuk Bisnis Online

Website saat ini sudah digunakan untuk berbagai tujuan. Selain sebagai blog pribadi, juga sering digunakan untuk kebutuhan bisnis maupun corporate. Untuk kebutuhan website yang lebih serius, seperti bisnis, kamu harus memilih penyedia layanan hosting yang kredibel.

Untuk kebutuhan bisnis, ada beberapa kriteria hosting yang perlu kamu perhatikan. Bagi yang bingung memilih jenis hosting yang cocok, yuk, simak penjelasan berikut ini:

  1. Storage 2GB-6GB untuk Toko Online Kecil dan Sederhana

Untuk kebutuhan UMKM atau toko online kecil-kecilan, pilihlah storage 2GB hingga 6 GB saja. Pilihan tersebut cukup bagus untuk mengembangkan bisnis online di awal. Untuk kebutuhan advanced e-commerce store, hingga corporate website, pilihan 6GB bisa dibilang sangat bagus.

Harga yang ditawarkan untuk range storage 2GB hingga 6GB, tergolong cukup bervariasi. Harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per bulannya.

2. Storage 15GB-50GB Untuk Toko Online yang Lebih Besar

Jika bisnis kamu sudah berkembang sangat pesat, pasti akan memerlukan storage yang lebih besar. Range 15GB hingga 50 GB bisa menjadi solusi untuk kebutuhan e-commerce hingga corporate websiteyang lebih besar.

Namun, pilihan storage ini hanya untuk sebuah bisnis yang sudah merangkak lebih besar. Jika masih kecil, storage 2GB hingga 6GB saja sudah cukup.

3. Perhatikan Fitur Lain yang Ditawarkan

Selain storage, perhatikan juga fitur lain yang ditawarkan oleh provider. Biasanya, semakin tinggi jenis paketnya, semakin banyak fitur yang ditawarkan. Alangkah baiknya kamu memilih paket dengan fitur tambahan seperti gratis WP Premium Themes & Plugins. Karena, fitur tersebut akan bermanfaat untuk website milikmu.

Perhatikan juga apakah paket yang kamu pilih, sudah memiliki fitur addon domains atau belum? Fitur ini, memungkinkanmu untuk memasukkan beberapa domain pada satu hosting.

4. Perhatikan Harga

Cek harga setiap paket yang ditawarkan. Cari paket hosting yang cocok dengan kebutuhan. Perhatikanlah harga yang ditawarkannya, apakah sesuai dengan kualitas, storage, hingga fitur yang tersedia atau tidak?

Pastikan juga provider yang kamu pilih menawarkan beberapa metode pembayaran. Karena, pembayaran hosting umumnya ditawarkan dalam bentuk pembayaran bulanan, hingga tahunan. Bagi yang ingin mencobanya terlebih dahulu, pilihan bayaran bulanan bisa menjadi solusi.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, bisa memilih layanan pembayaran tahunan. Karena, sistem pembayaran tahunan ditawarkan dengan harga yang jauh lebih ringan.

Selanjutnya, yang tak kalah penting yaitu, perhatikanlah apakah harganya sudah termasuk PPN 10% atau belum? Jika belum, maka akan ada penambahan biaya pajak sebesar 10% dari harga yang tertera.

5. Pilih yang Bergaransi

Saat ini ada banyak provider yang menawarkan hosting bagus dan murah. Namun, sedikit yang menawarkan garansi. Nah, carilah penyedia layanan hosting di Indonesia yang sudah bergaransi, salah satunya seperti Dewaweb.

Dewaweb menawarkan sistem garansi 30 hari uang kembali jika tidak puas dengan produk atau layanannya. Di lain sisi, garansi ini juga menjadi jaminan kualitas layanan dan produk dari provider.

6. Layanan Support 24/7

Jangan lupa juga untuk memilih provider yang sudah memiliki layanan support 24/7. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi bingung ketika terjadi suatu masalah. Kapan pun kamu bisa menghubungi mereka untuk meminta bantuan jika terjadi kendala terkait hosting yang kamu gunakan.

Untuk kebutuhan website bisnis milikmu, pilihlah penyedia layanan hosting yang kredibel. Pastikan kamu memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Karena, tidak semua paket hosting cocok untuk web corporate maupun toko online. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk memilih provider yang cocok.

Related Posts