Spesifikasi Komputer atau Laptop untuk Menjalankan Sistem Operasi Linux Ubuntu

Semakin banyak orang yang sadar dari menggunakan sistem operasi bajakan seperti Windows. Seperti yang kita ketahui ada banyak kerugian jika memakai sistem operasi bajakan. Diantaranya adalah rentan virus. Lisensi Windwos yang cukup mahal membuat sebagian orang enggan untuk membeli lisensi resmi akhirnya menggunakan versi bajakan yang beredar di internet. Kebanyakan orang awam tidak paham jika Windows gratis yang tersedia di internet itu sudah terisi dengan virus berbahaya yang bisa mencuri data penting di laptop atau komputer.

Windows memang terkenal dengan kemudahannya. Hal ini yang membuat banyak orang enggan pakai Windows. Padahal sebenarnya Linux tidak terlalu sulit untuk digunakan. Apalagi jika penggunaannya hanya untuk menulis, browsing, edit foto dan video, memutar file audio dan video. Hal itu semua bisa dilakukan Linux dengan mudah.

Ubuntu adalah salah sistem operasi Linux yang sangat terkenal. Mulai banyak produsen laptop yang menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasi bawaan. Karena Ubuntu gratis maka harga laptop tersebut bisa lebih murah dibandingkan laptop yang menggunakan lisensi Windows.

Selain itu kelebihan Ubuntu adalah syarat spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Bahkan komputer atau laptop lawas masih bisa digunakan dengan baik. Berikut ini adalah spesifikasi perangkat yang disarankan untuk bisa menjalanan Ubuntu dengan lancar.

Prosesor Dual Core 2 GHz

Saat ini hampir semua komputer atau laptop keluaran terbaru sudah menggunakan prosesor dual core. Tapi jika Anda ingin merakit PC sendiri menggunakan Ubuntu, maka masih bisa menggunakan prosesor bekas seperti Core2 Duo, harganya sudah sangat murah jika dibandingkan dengan prosesor keluaran terbaru.

RAM 4 GB

RAM minimal sebesar 4 GB baik DDR3 masih bisa digunakan dengan baik untuk menjalankan sistem Ubuntu. Dengan RAM sebanyak ini Anda masih bisa menggunakan aplikasi pengolah kata gratis seperti LibreOffice dengan lancar tanpa lag. Mengakses internet dengan browser seperti Firefox juga bisa dilakukan tanpa masalah.

HDD atau SSD

Harga SSD sekarang semakin murah. SSD mempunyai kelebihan akses data yang lebih cepat dari HDD karena tidak lagi menggunakan piringan mekanik untuk menyimpan dan mengakses data. Kekurangan SSD adalah harganya yang semakin mahal jika kapasitasnya semakin banyak. Walaupun begitu Ubuntu masih bisa berjalan dengan baik dengan HDD.

Jadi, kalau anda punya komputer atau laptop lawas. Silakan coba Ubuntu atau versi Lubuntu yang lebih ringan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *