kebutuhan air minum umkm

Penggunaan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Air UMKM

Dana Desa menjadi salah satu sumber pembiayaan yang bisa digunakan. Tujuan dari penyaluran dana ini ialah sebagai komitmen negara untuk memberdayakan serta melindungi desa sehingga menjadi lebih kuat, mandiri dan maju.

Selain itu, dengan keberadaan dana ini, pemberdayaan desa bisa lebih sejahtera dan makmur. Tujuan dari alokasi dana ini sendiri untuk mengatasi kemiskinan serta kesenjangan, meningkatkan kualitas perencanaan serta penganggaran pembangunan hingga mendorong pembangunan infrastruktur.

Kebutuhan Air untuk UMKM Desa

UMKM desa pada dasarnya memiliki peran yang begitu strategis dalam pembangunan ekonomi. Bukan hanya di perkotaan. UMKM desa juga memiliki prospek bagus di masa depan, bahkan pemerintah juga mendorong UMKM agar bisa maju serta bersaing dengan berbagai macam usaha lain.

UMKM yang dijalankan teryata memiliki berbagai macam manfaat terlebih untuk perekonomian nasional, UMKM juga dapat menjadi solusi untuk permasalahan ekonomi di kelas kecil hingga menengah, UMKM desa juga dapat mengurangi pengangguran serta membuka peluang kerja yang baru.

Sayangnya, salah satu kendala berkembangnya UMKM di pedesaan adalah tingginya biaya operasional yang harus dipenuhi. Lebih-lebih untuk ketersediaan air. Kebutuhan air untuk UMKM desa memang cukup banyak, terlebih bagi UMKM yang mengolah produk mentah hingga barang jadi.

Padahal, UMKM dapat membantu perekonomian masyarakat desa, ditambah begitu banyaknya warga desa yang menggantungkan perekonomian pada UMKM.

Penggunaan Dana Desa Sebagai Pemenuh Kebutuhan Air UMKM

Agar dapat mengatasi kekurangan ketersediaan air bersih operasional UMKM, menggunakan dana program desa bisa menjadi pilihan terbaik. Seperti yang sudah dijelaskan sebeumnya, tujuan dari penggunaan dana ini adalah untuk melindungi desa sehingga lebih maju dan kuat.

Dana ini bisa diaolikasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan air bersih, salah satunya dengan pemasangan pompa air tenaga surya. Pompa air yang menggunakan tenaga surya lebih tepat dijadikan sebagai pilihan.

Pompa air tenaga surya memiliki varian yang cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan UMKM yang berada di desa. Contohnya UMKM tersebut membutuhkan air dalam jumlah banyak, pompa yang dipilih bisa berukuran besar.

Selain itu pompa air tenaga surya juga memiliki ROI lebih kuat bila dibandingkan dengan pompa yang menggunakan tenaga diesel. Namun, tentu saja ANda tidak boleh memilih produsen pompa sembarangan.

Sanspower, Sunspower adalah perusahaan yang bergerak pada bidang energi terbarukan khususnya surya. Perusahaan ini secara terus menerus berkembang dan memberi kontribusi bidang energi terbarukan. Bahkan, perusahaan ini sudah dipercaya melakukan banyak sistem tenaga surya, khususnya pompa air.

Berbagai macam produk dimiliki, untuk surface pump, atau pompa di permukaan seperti LORENTZ PS2. Produk ini merupakan produk yang berkualitas tinggi serta dirancang agar bisa memenuhi pasokan air UMKM.

Dengan begitu pentingnya air untuk memenuhi kebutuhan produksi UMKM, menjadi pilihan yang tepat bukan jika dana desa digunakan untuk hal ini.

Related Posts