Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Linux Ubuntu

Sebagai distro Linux paling populer, Ubuntu banyak digunakan orang. Saat ini orang tidak lagi takut menggunakan Linux karena tampilannya sudah lebih baik dan mudah digunakan. Bahkan tidak sedikit orang yang berpindah dari Windows ke Linux Ubuntu karena tampilannya yang menarik.

1. Open Source

Linux Ubuntu adalah sistem operasi terbuka atau sering disebut open-source. Siapa saja bisa menggunakan sistem operasi ini tanpa membayar apapun atau membeli lisensi seperti Microsoft Windows. Karena sifat kodenya yang terbuka maka siapa saja bisa berkontribusi terhadap sistem operasi tersebut menjadi lebih baik.

2. Lebih Aman dari Virus

Berbeda dengan Windows yang retan virus. Pengguna Linux Ubuntu tidak perlu memikirkan virus. Tentunya hal ini tetap mengupayakan pencegahan seperti tidak membuka situs berbahaya, klik link website yang tidak jelas atau mendownload file yang mencurigakan. Hal ini karena pembuat virus komputer lebih suka untuk menyerang sistem operasi Windows yang penggunanya sangat banyak. Jadi bukan berarti Linux kebal sama sekali dari virus.

3. Aplikasi Bawaan Lengkap

Begitu Anda menginstall Ubuntu maka bisa langsung menggunakannya saat itu juga. Ingin internetan? Ada Firefox yang sudah terinstall. Aplikasi multimedia juga sudah terpasang. Aplikasi pengolah kata dan lainnya juga sudah tersedia. Kalau ada aplikasi yang Anda butuhkan tapi belum ada, bisa langsung mencarinya di Software Center.

4. Driver Cukup Lengkap

Salah satu kekurangan sistem operasi yang tidak terintegrasi seperti Windows dan Linux adalah dukungan driver untuk perangkat keras. Hal ini wajar karena 1 sistem operasi harus bisa mendukung seluruh perangkat keras yang tersambung, padahal ada banyak jenis hardware. Tapi hal ini bukan masalah besar karena Ubuntu menggunakan kernel Linux. Pada umumnya perangkat keras yang tersambung ke laptop/komputer Ubuntu bisa langsung dikenali dan digunakan seperti mouse, keyboard, monitor, printer atau scanner.

5. Kustomisasi Tampilan

Salah satu fitur unggulan Linux Ubuntu adalah kustomisasi tampilan. Ada banyak hal yang bisa diatur mengenai tampilannya seperti font, warna, icon dan lainnya. Hal ini membuat interaksi Anda dengan Ubuntu menjadi lebih personal karena bisa diatur sesuai keinginan.

1. Adaptasi Awal

Bagi yang barus saja pindah dari Windows atau macOS pasti akan merasakan kesulitan saat pertama kali menggunakan Linux Ubuntu. Hal itu wajar dan akan segera terbiasa setelah beberapa lama menggunakan Ubuntu. Memang masih ada hal khas Linux yang membuat ragu pengguna awam seperti Terminal atau akses root. Tapi sebagian besar pengguna tidak perlu menggunakan hal tersebut.

2. Dukungan Aplikasi Sedikit

Hal ini wajar karena Linux pangsa pasarnya jauh dibawah Windows dan macOS. Aplikasi yang sering Anda digunakan seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop mungkin tidak ada di Linux Ubuntu. Anda masih bisa menggunakan alternatifnya seperti GIMP atau Inkscape. Jangan meragukan fitur dan kemampuan aplikasi ini walaupun gratis, ada banyak contoh dan tutorial bagi yang ingin mempelajarinya dengan serius.

Sebagian besar aplikasi yang umum digunakan seperti pengolah kata Microsoft Word ada penggantinya yaitu LibreOffice dengan fitur dan kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word.

3. Dukungan Games Sedikit

Jika Anda seorang gamer yang menggunakan Linux Ubuntu maka siap-siap kecewa. Linux pada umumny tidak didesain untuk bermain game. Sangat sedikit developer game yang mendukung sistem operasi Linux. Hampir tidak ada developer game besar seperti GTA, Fortnite atau PUBG yang mendukung Linux.

Itulah beberapa atau sebagian kecil kelebihan dan kekurangan sistem operasi Linux. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin menggunakan Linux Ubuntu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *