Belajar Fungsi Tombol Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini didistribusikan bersama dalam satu paket program Microsoft Office dan tidak berada dalam satu paket system operasi Windows. Dengan demikian, untuk dapat menggunakan aplikasi ini harus menginstalnya terlebih dahulu ke dalam system komputer atau laptop yang digunakan.

Seperti halnya aplikasi Microsoft Word, aplikasi pengolah angka ini juga berkembang dari satu versi ke versi yang lebih tinggi. Perkembangan versi selalu diikuti oleh perkembangan fitur dan fungsi excel sehingga mudah untuk digunakan. Untuk para pengguna excel, Anda dapat belajar secara mandiri melalui fungsiexcel.com karena blog ini menyediakan tips, rumus serta fungsi pengoperasian aplikasi excel.

Pertemuan ini akan membahas tentang fungsi tombol pada Microsoft Excel. Fungsi tombol biasanya digunakan untuk membuka data, meyimpan data, dan menghapus data. Pada kesempatan kali ini akan menggunakan fungsi tombol dengan memanfaatkan fungsi sebagai pengubah warna.

Mari kita simak cara berikut ini.

Pertama, kita buka aplikasi Microsoft excel terlebih dahulu, kemudian letakkan kursor pointer pada sel B3, seperti gambar dibawah ini.

Langkah kedua, arahkan kursor pointer ke arah tab developer, lalu klik tab developer, pilih Record Macro. Maka akan tampil gambar seperti berikut.

Langkah ketiga, setelah muncul jendela Record Macro, ketik dibagaian Macro Name dengan tulisan “Kuning”, seperi gambar berikut.

Langkah keempat, Lalu Klik tombol Ok.

Langkah kelima, pada saat Microsoft excel dalam keadaan sedang merekam, buat sebuah table dengan diberi warna kuning.

Langkah keenam, arahkan Kembali ke tab developer, klik bagian Stop Recording. Setelah itu Kembali tempatkan kursor pointer pada sel B3.

Langkah ketujuh, arahkan kursor ke tab developer, pilih Record Macro. Maka akan muncul gambar seperti ini.

Langkah kedelapan, hapus tulisan Macro2 pada Macro Name, ganti dengan tulisan “Merah”, kemudian klik tombol OK.

Langkah kesembilan, pada saat Microsoft excel berada pada kondisi sedang merekam, ubah table warna kuning dengan warna merah, klik home pilih fill colour untuk mengubah warna tabel.

Langkah kesepuluh, arahkan Kembali ke tab developer, klik bagian stop Recording.

Langkah kesebelas, masih pada tab developer, pilih bagian insert, lalu pilih button seperti gambar berikut ini.

Kemudian klik pada bagian button tersebut, maka akan muncul jendela Assign Macro, pada kolom macro name kita pilih tulisan kuning, kemudian klik Ok, Maka akan muncul gambar seperti berikut.

Langkah keduabelas, arahkan button tersebut kea rah samping table yang diberi warna, kemudian klik kanan pada button, pilih edit text. Ubah nama button1 menjadi kuning. Setelah itu Kembali lagi ke tab developer, pilih Insert, kemudian pilih button lagi. Klik bagian button tersebut, maka akan muncul jendela Asign Macro, pada kolom name kita pilih tulisan Merah, kemudian klik tombol Ok.

Ganti nama button2 dengan Tulisa Merah. Maka hasilnya akan seperti gambar berikut.

Mari lakukan uji coba sekali lagi, klik tombol pada tulisan Merah, maka akan terjadi perubahan warna seperti pilihan warna yang kita tombol, seperti gambar berikut.

Begitu juga sebaliknya, jika kita tombol pilihan warna kuning maka warna akan berubah menjadi warna kuning. Sangat menarik bukan?

Semoga pembelajaran diatas dapat bermanfaat bagi semuanya.