Distro Linux yang Ramah Pengguna Alias Mudah Digunakan

Ketika mendengar kata Linux, yang muncul di benak Anda mungkin sebuah sistem operasi yang menggunakan ikon penguin. Ya itu tidak salah juga. Sebagian orang menghindari sistem operasi Linux karena cara pemakainnya yang rumit.

Sekarang Linux telah berevolusi cepat menjadi lebih mudah digunakan dan ramah pengguna awam sekalipun. Memang di beberapa bagian Linux tidak bisa menggantikan Windows atau macOS, tapi untuk penggunaan sehari-hari yang tidak rumit, Linux bisa menjadi pilihan tepat.

Berikut ini adalah beberapa distro Linux terpopuler yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Ubuntu

Distro ini sangat terkenal, tidak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Ubuntu adalah distro Linux pertama yang saya coba gunakan. Maka tidak heran jika Ubuntu sudah terinstall di laptop atau komputer yang dijual di pasaran. Tampilannya enak dilihat dan tentu saja mudah digunakan apalagi bagi pengguna yang baru saja pindah dari Windows.

Linux Mint

Berbasis Ubuntu sehingga semua aplikasi yang tersedia di Ubuntu ada di Linux Mint. Tampilan Linux Mint cukup familiar bagi pengguna Windows karena menu Start yang berada di sudut kiri bawah. Menu programnya juga didesain mirip Windows XP sehingga tidak heran, banyak pengguna Windows XP beralih ke Linux Mint ketika Microsoft mengumumkan akan menghentikan Windows XP.

elementaryOS

Selanjutnya adalah elementaryOS. Sifat Linux yang terbuka membuat siapa saja bisa menciptakan sistem operasi yang berbeda dari desain dan penggunaannya. elementaryOS punya desain yang hampir mirip dengan macOS dengan menu dock di bagian tengah. Bagi pengguna macOS yang ingin mencoba pakai Linux, elementaryOS bisa menjadi pilihan pertama karena desain antar-muka yang cukup familiar.

Pop!_OS

Pop! _OS oleh Sytem76 adalah pilihan tepat untuk pengembang atau profesional ilmu komputer. Tentu saja, tidak hanya terbatas pada pembuat kode – ini juga merupakan pilihan yang sangat baik jika Anda baru mulai menggunakan Linux. Ini didasarkan pada Ubuntu – tetapi UI terasa jauh lebih intuitif dan halus. Selain UI, itu memberlakukan enkripsi disk penuh di luar kotak.

Zorin OS

Zorin OS adalah distribusi berbasis Ubuntu lainnya yang kebetulan menjadi salah satu OS paling bagus dan intuitif untuk desktop. Terutama, setelah rilis Zorin OS 15 – saya pasti akan merekomendasikannya untuk pengguna tanpa latar belakang Linux. Banyak aplikasi berbasis GUI juga ikut disertakan.

Anda juga dapat menginstalnya di PC lama – namun, pastikan untuk memilih edisi “Ringan”. Selain itu, Anda memiliki edisi “Core”, “Education” & “Ultimate”. Anda dapat memilih untuk menginstal edisi Inti secara gratis – tetapi jika Anda ingin mendukung pengembang dan membantu meningkatkan Zorin, pertimbangkan untuk mendapatkan edisi Ultimate.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *